Minggu, 11 November 2012

FUNGSI DAN MANFAAT SERTA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI PROXY


Tujuan dan Manfaat

1.   Fungsi proxy
Fungsi proxy dalam jaringan komputer adalah untuk menyediakan layanan sesuai permintaan klien atau surfer. Ada banyak jenis situs yang diblokir berdiri di jalan bagi non-intervensi. Namun setelah Anda membuat permintaan ke situs ini dapat memungkinkan anda untuk menjadi bagian dari itu.

2.      Tujuan proxy
Tujuan dari proxy adalah untuk membuat ketersediaan ini tanpa mengungkapkan identitas Anda. Anda bisa sangat nyaman memiliki akses ke situs dan dapat memiliki informasi yang diperlukan untuk tujuan Anda.

Apa Fungsi Utama dari Proxy ?

a)      Conecting sharing :
Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.

b)     Filtering :
Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.

c)      Caching :
Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya.


Ada 2 macam proxy yang populer digunakan yaitu :
• Proxy Tranparent
• Proxy Animouse

Proxy Tranparent :
Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP yang lebih rumit.

Proxy Animouse :
Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent.


KELEBIHAN
•Tersedia banyak IP Proxy yang bisa kita gunakan entah itu dari tipe transparent proxy, anonymous, dan elite.
•Kalau dapat IP yang bagus, koneksi bisa lebih cepat.
•Masih bisa membuka akun-akun kita di internet seperti facebook, google, twitter, dll. Kalaupun butuh otentikasi gak perlu seribet kalo kita pake Tor Browser.

KEKURANGAN
• IP Free Proxy tidak selamanya memiliki koneksi cepat dan bisa lemot secara mendadak, bahkan ujung-ujungnya timeout.
• Ribet harus ganti-ganti settingan IP Proxy di browser tiap kali koneksi jelek.
• Tiap kali ingin ganti IP harus mencari IP dulu di situs-situs yang menyediakan Free Proxy, dan ini sedikit membuang waktu.



Sumber : Manfaat ProxyKelebihan Kekurangan proxy

1 komentar: